SOSIALISASI TENTANG PEMBERIAN ASI DAN PENYEDIAAN RUANG MENYUSUI

ASI Eksklusif adalah pemberian ASI saja pada bayi sampai usia 6 bulan. Dalam rangka melindungi, mendukung dan mempromosikan serta meningkatkan pemberian ASI Eksklusif, maka Pemerintah mengeluarkan Peraturan Nomor 33 Tahun 2012 tentang pemberian ASI Eksklusif. Pemerintah Daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota juga turut bertanggungjawab dalam pelaksanaan program pemberian ASI Eksklusif tersebut, salah satunya dalam bentuk pelaksanaan advokasi/sosialisasi program pemberian ASI Eksklusif.

Menindaklanjuti Peraturan Pemerintah Nomor 33 Tahun 2012 tersebut, Pemerintah Kota Tanjungbalai telah membuat Peraturan Walikota Tanjungbalai Nomor Nomor 41 Tahun 2017 tentang Pemberian Air Susu Ibu Ekskluif dan Surat Edaran Walikota Tanjungbalai Nomor 050/11526 tanggal 27 Juni 2019 tentang Penyediaan Ruang Laktasi. Pemerintah Kota Tanjungbalai sangat serius dalam menindaklanjuti program ASI Eksklusif serta penyediaan ruang laktasi di perkantoran karena hal tersebut juga menjadi salah satu point dalam menuju Tanjungbalai Kota Layak Anak.

Pemerintah Kota Tanjungbalai menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya perempuan yang memiliki bayi maupun perempuan yang sedang mengandung maupun yang sedang dalam program memiliki anak agar dapat memberikan ASI Eksklusif kepada bayinya selama 6 bulan supaya tumbuh kembang bayi dapat optimal. Demikian juga dengan penyediaan ruang laktasi, Pemerintah Kota Tanjungbalai juga menghimbau  instansi baik pemerintah maupun swasta untuk menyediakan ruang laktasi di tempatnya dan memberikan kesempatan untuk para ibu menyusui yang bekerja dikantor dapat menyusui anaknya di tempat kerja dengan leluasa tanpa khawatir karena tempat yang tidak memungkinkan.

Seyogyanga sosialisasi/ advokasi mengenai program ASI Eksklusif dan penyediaan ruang laktasi ini dilakukan melalui tatap muka langsung, namun karena kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, sehingga himbauan atau advokasi mengenai hal tersebut dilakukan melalui media internet. Diharapkan kedua program ini dapat berjalan baik sehingga harapan memperoleh generasi yang berkualitas dapat terwujud.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *